Selasa, 07 April 2009

Tips Menghadapi Hoax dan Spam

Ada dua hal yang sangat mengganggu saat kita menerima email: Hoax dan Spam. Hoax adalah email
peringatan atau nasehat palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya
seluas-luasnya. Sedangkan spam adalah suatu pesan yang tidak dikehendaki oleh pembacanya, dan
seringkali berupa iklan suatu produk. Tips dan Trik ini berusaha membahas secara singkat mengenai
ciri-ciri dan apa yang harus dilakukan jika kita menerima hoax atau spam.
HOAX
Definisi
Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu
virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah
benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam
ini diistilah sebagai "HOAX". Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad
baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet
menjadi makin padat.
Ciri-ciri
1. Didistribusikan via email, dan seringkali memanfaatkan media mailing list karena efeknya lebih
terasa
2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya
3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang
lebih luas. Hoax ini memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca email ini tanpa
meneliti lebih dahulu kebenaran beritanya, langsung segera menyebarkannya ke forum yang
lebih luas. Akibatnya lalu lintas peredaran data di internet makin padat dengan berita yang tidak
benar
4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Apa yang harus kita lakukan bila menerima Hoax ?
1. Sekiranya anda menerima email berisi warning akan ancaman virus disertai himbauan agar
menyebarkannya seluas-luasnya, maka lebih baik warning tsb. jangan disebarkan dulu sebelum
yakin akan kebenaran isinya.

2. Periksalah terlebih dahulu, apakah warning itu termasuk kategori Hoax atau bukan, lewat search
engine (google.com, altavista.com dsb.) atau langsung mengakses situs-situs yang didedikasikan
untuk menghadapi Hoax, seperti misalnya:
http://www.symantec.com/avcenter/hoax.html
http://www.europe.f-secure.com/news/hoax.htm
3. Selalu mengupdate Virus List pada Software Anti Virus kita (Norton, McAfee, dsb). Tersedia
juga Anti Virus Software yang gratis, dapat didownload dari http://www.grisoft.com
Contoh Hoax
Dibawah ini dilampirkan beberapa contoh Hoax, yang diambil dari situs Symantec:
http://www.symantec.com/avcenter/hoax.html Terlihat dengan jelas pada posting-posting



dibawah, kesamaan ciri-cirinya: berisi warning palsu, dan himbauan agar menyebarkannya
seluas-luasnya.
Contoh 1 : Happy New Year Virus Hoax
Warning on December 31, 1999 you may receive an email called, Happy New Year...do not open it,
it contains a deadly virus...it will erase windows from your computer along with many other program
files.Pass this on as soon as you can to get the WORD out!!!This is not a hoax....this was reported on
CNN on Tuesday the 2nd November 1999!
Contoh 2: Life is beautiful Hoax
This information arrived this morning, from Microsoft and Norton. Please send it to everybody you
know who accesses the Internet. You may receive an apparently harmless email with a PowerPoint
presentation called "Life is beautiful.pps." If you receive it DO NOT OPEN THE FILE UNDER
ANY CIRCUMSTANCES, and delete it immediately. If you open this file, a message will appear on
your screen saying: "It is too late now, your life is no longer beautiful", subsequently you will LOSE
EVERYTHING IN YOUR PC and the person who sent it to you will gain access to your name,
email and password. This is a new virus which started to circulate on Saturday afternoon. WE NEED
TO DO EVERYTHING POSSIBLE TO STOP THIS VIRUS. UOL has already confirmed its
dangerousness, and the antivirus Softs are not capable of destroying it. The virus has been created by
a hacker who calls himself "life owner", and who aims to destroying domestic PCs and who also
fights Microsoft in court! That's why it comes disguised with extension pps. He fights in court for
the Windows-XP patent.
MAKE A COPY OF THIS EMAIL TO ALL YOUR FRIENDS.
SPAM
Definisi
Sering kita memperoleh email mengenai promosi suatu produk, suatu propaganda mengenai faham,
yang sebenarnya kita tidak mengharapkan untuk menerimanya. Email semacam ini dikategorikan
sebagai "spam". Ada beberapa definisi mengenai spam. Diantaranya adalah definisi yang
dicantumkan di http://tuxedo.org/jargon/jargon.html#spam
1. Membuat crash suatu program dengan memakai buffer yang menggunakan input data terlalu
besar.
2. Mengirimkan suatu pesan ke newsgroup menyebabkan forum tersebut penuh dengan pesan yang
tidak relevan.
3. Mempostingkan artikel ke banyak newsgroup atau mailing list. Hal ini disebut juga ECP
(Excessive Cross-Posting).
4. Memborbardir suatu newsgroup/mailing list dengan kopi-an suatu artikel yang sama. Hal ini diistilahkan EMP( Excessive Multi-Posting).
5. Mengirimkan banyak email serupa yang tidak diharapkan oleh pembacanya, terutama yang
berkaitan dengan iklan suatu produk.
6. Output yang besar dan menjengkelkan. Misalnya terjadi pada seorang pengguna IRC yang
beranjak sebentar dari monitor, kemudian saat kembali seringkali merasa jengkel melihat
kalimat yang mungkin terdiri dari beratus-ratus baris. Ini dikategorikan juga sebagai spam.
Spam ini sangat mengganggu, terutama bagi user yang bandwith koneksi internetnya kecil, tidak
memiliki waktu luang untuk mengakses internet, atau kuota emailnya dibatasi.
Apakah yang harus dihindari agar anda tidak memperoleh spam ?
Beberapa petunjuk untuk menghindari spamming-mail dapat dilihat di
http://help.yahoo.com/help/us/mail/spam/spam-03.html
Antara lain:
1. Jangan sekali-kali merespon spamming mail.
2. Jangan sekali-kali meresply spamming mail dengan kata "remove". Hal ini akan mengakibatkan
email anda dicatat sebagai email yang aktif, dan akibatnya alamat anda akan dicantumkan pada
list yang lain. Akibatnya anda akan menerima lagi spamming-mail.
3. Jangan mengakses website yang direkomendasikan dalam spamming mail tersebut. Akses ini
akan dimonitor, dan berfungsi sebagai alat validitas alamat email anda. Selanjutnya anda tidak
akan bebas dari spamming-mail.
4. Jangan sekali-kali men-sign-up suatu site yang menjanjikan bahwa alamat anda akan dihapus
dari suatu list spamming-mail. Dengan menuliskan alamat anda, berarti anda memberikan
informasi alamat email anda pada pengelola situs tsb., dan kebanyakan mereka berperan sebagai
kolektor alamat email.
Apa yang harus dilakukan bila anda terlanjur menerima spamming-mail ?
1. Janganlah mengirimkan complain anda ke pengirim spamming-mail
2. Janganlah sekali-kali mematuhi "petunjuk" agar didrop dari mailing list mereka sebagaimana
diberikan di bagian akhir spamming-mail tersebut. Akan tetapi kirimkan complain anda pada
ISP (Internet Service Provider).
3. Cara memblock spamming email, bila domain alamat anda @yahoo.com, silakan merefer ke
http://help.yahoo.com/help/us/mail/read/read-22.html
4. Bila spamming email tersebut diterima dari seseorang yang beralamatkan @yahoo.com atau
@yahoo.co.jp, anda tinggal memforwardkan spamming-mail tersebu lengkap dengan header-nya
ke abuse@yahoo.com
Petunjuk mengenai hal ini dapat dilihat di:

READ MORE - Tips Menghadapi Hoax dan Spam

Kamis, 02 April 2009

MOBIL BERTEMU SAAT BERJALAN SEARAH!!!!

Mobil berjalan searah yang mempunyai kecepatan berbeda. Mobil 1 dan mobil 2 mempunyai jarak tertentu..Mobil ini akan bertemu pada saat t (waktu) dan jarak s.


Penyelesaian:

s = sA - sB

s = (VoA + ½ aA.t2) - (VoB + ½ aB.t2)

s = (VoA - VoB)t + ½ (aA - aB)t2

½ (aA - aB)t2 + (VoA - VoB)t – s = 0 x 2

(aA - aB)t2 + 2(VoA - VoB)t – 2s = 0



berdasarkan rumus Vt2 = Vo2 + 2.a.s, maka






READ MORE - MOBIL BERTEMU SAAT BERJALAN SEARAH!!!!

TUGAS SAAT MOBIL BERHADAPAN...

Diketahui dua mobil yang saling berhadapan, kedua mobil mempunyai masing-masing kecepatan dan percepatan.

Ditanya jarak berapa mobil akan bertemu jika jarak dan percepatan nya diketahui…Dalam hal ini digunakan rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan yang di substitusi.. Untuk lebih jelasnya ada pada penjelasan berikut:

Penjelasan:


s = sA + sB

s = (VoA + ½ aA.t2) + (VoB + ½ aB.t2)

s = (VoA + VoB)t + ½ (aA + aB)t2

½ (aA + aB)t2 + (VoA + VoB)t – s = 0 x 2

(aA + aB)t2 + 2(VoA + VoB)t – 2s = 0



READ MORE - TUGAS SAAT MOBIL BERHADAPAN...

TUGAS GRAFIK :D

Jika diketahui grafik hubungan kecepatan (v) dan waktu (s) seperti di bawah ini, hitunglah:



Panjang lintasan saat 5 detik pertama?

b. Percepatan dari detik 0 sampai detik 1?

c. Percepatan dari detik ke-4 sampai detik ke-5?


Panjang lintasan (s) saat detik ke:

0 – 1 : s = ½ t (vt + vo) => s = ½ . 1 (80 + 40) => s = 60 satuan

1 – 4 : s = ½ t (vt + vo) => s = ½ . 3 (80 + 80) => s = 240 satuan

4 – 5 : s = ½ t (vt +vo) => s = ½ . 1 (20 + 80) => s = 50 satuan

Panjang lintasan saat 5 detik pertama adalah 60 + 240 + 50 = 350 satuan.

b) Percepatan dari detik 0 sampai detik 1:


Percepatan dari detik ke-4 sampai detik ke-5:


READ MORE - TUGAS GRAFIK :D

KELAJUAN

Pada pokok bahasan tentang Besaran Vektor dan Skalar, telah dijelaskan pengertian vektor dan skalar serta perbedaan antara keduanya. Jika anda belum memahami dengan baik dan benar, sebaiknya dipelajari terlebih dahulu.
Istilah laju/kelajuan menyatakan seberapa jauh sebuah benda berjalan/berpindah dalam suatu selang waktu tertentu. Kelajuan merupakan salah satu besaran turunan yang tidak bergantung pada arah, sehingga kelajuan termasuk skalar. Seperti jarak, kelajuan termasuk besaran skalar yang nilainya selalu positif. Alat pengukur kelajuan adalah speedometer, digunakan pada sepeda motor, mobil atau kendaraan lainnya. Anda pasti sering melihat alat tersebut

Kelajuan Rata-rata

Kelajuan/laju rata-rata suatu benda yang bergerak diartikan sebagai jarak total yang ditempuh sepanjang lintasan gerak benda dibagi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak yang tersebut.





READ MORE - KELAJUAN

PERCEPATAN

Setiap benda yang kecepatannya berubah dikatakan mengalami percepatan. Misalnya sebuah mobil atau sepeda motor (sedang bergerak ke arah tertentu) yang kecepatannya berubah dari 0 sampai 70 km/jam berarti dipercepat. Apabila suatu mobil/sepeda motor mengalami perubahan kecepatan seperti ini dalam waktu yang lebih singkat/lebih cepat dari mobil/sepeda motor yang lain, maka dikatakan bahwa mobil tersebut mendapat percepatan yang lebih besar. Jadi percepatan menyatakan seberapa cepat kecepatan sebuah benda berubah.
Percepatan Rata-Rata

Percepatan rata-rata diartikan sebagai perubahan kecepatan dibagi waktu yang diperlukan untuk perubahan tersebut.



Percepatan merupakan besaran vektor, tetapi untuk gerakan satu dimensi, kita hanya perlu menggunakan tanda + dan - untuk menunjukan arah terhadap sistem koordinat yang dipakai.

Percepatan Sesaat

Percepatan sesaat, a, dapat didefinisikan dengan analogi/perbandingan terhadap kecepatan sesaat, untuk suatu saat tertentu.


READ MORE - PERCEPATAN

GERAK LURUS BERATURAN (GLB)

Gerak lurus beraturan diartikan sebagai gerakan pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap/konstan. Kecepatan tetap berarti percepatan nol. Dengan kata lain benda yang bergerak lurus beraturan tidak memiliki percepatan. Dalam kehidupan sehari-hari sangat jarang ditemukan benda-benda yang bergerak pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap.
Karena pada Gerak Lurus Beraturan (GLB) kecepatan gerak suatu benda tetap, maka kecepatan rata-rata sama dengan kecepatan atau kelajuan sesaat. kok bisa ya ? ingat bahwa setiap saat kecepatan gerak benda tetap, baik kecepatan awal mapun kecepatan akhir. Karena kecepatan benda sama setiap saat, maka kecepatan awal juga sama dengan kecepatan akhir. Dengan demikian kecepatan rata-rata benda juga sama dengan kecepatan sesaat.



READ MORE - GERAK LURUS BERATURAN (GLB)

GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN

Gerak Lurus Berubah Beraturan :
Gerak benda titik dengan lintasan berbentuk garis lurus dengan jarak yang ditempuh tiap satu satuan waktu tidak sama besar, sedangkan arah gerak tetap.

vt = v0 + at

t : waktu

v0 : kecepatan awal

a : percepatan

vt : kecepatan pada saat t

x = v0t + ½ at2

x : jarak

v0 : kecepatan awal

t : waktu

a : percepatan



READ MORE - GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN

DINAMIKA

Massa adalah materi yang terkandung dalam suatu zat dan dapat dikatakan sebagai ukuran dari inersia(kelembaman). Gaya adalah penyebab terjadi gerakan pada benda. Konsep Gaya dan Massa dijelaskan oleh Hukum Newton :

⊲ Hukum I menyatakan “Sebuah benda akan berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan apabila resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol”.

⊲ HukumII menyatakan “Benda akanmengalami percepatan jika ada gaya yang bekerja pada benda tersebut dimana gaya ini sebanding dengan suatu kontanta dan percepatannya”

F = m.a

⊲ HukumIII menyatakan “ Dua benda yang berinteraksi akan timbul gaya pada masing-masing benda tsb yang arahnya berlawanan dan besarnya sama”

F(aksi) = −F(reaksi)

MACAM - MACAM GAYA


Di alam semesta ada 4 gaya yang berpengaruh yaitu gaya Elektromagnetik, gaya Gravitasi, gaya Interaksi Kuat dan gaya Interaksi Lemah. Gaya interaksi : gaya Gravitasi dan gaya Listrik Magnetik. Gaya Kontak : gaya Normal, gaya Gesek dan gaya Tegang Tali.

Gaya Normal

Gaya normal adalah gaya reaksi dari gaya berat yang dikerjakan pada benda terhadap bidang dimana benda itu terletak dan tegak lurus bidang.

Gaya Gesek

Gaya yang melawan gerak relatif antara 2 benda yang bersentuhan. Gaya gesek ini dapat terjadi pada :

⊲ gaya gesek antara zat padat dengan zat padat

⊲ gaya gesek antara zat cair dengan zat padat

Gaya gesek dipengaruhi oleh beberapa faktor :

⊲ keadaan permukaan

⊲ kecepatan relatif

⊲ gaya yang bekerja pada benda tsb

Gaya gesek, fk dinyatakan:

fk = μk,sN

Sifat-sifat gaya gesek

⊲ Gaya gesek maksimum(statik dan kinetik) tidak tergantung pada luas permukaan bidang gesek dan berbanding lurus dengan gaya normal

⊲ Gaya gesek kinetik tergantung pada kecepatan relatif antara 2 benda yang bersentuhan
READ MORE - DINAMIKA

DIMENSI

Dimensi besaran diwakili dengan simbol, misalnya M, L, T yang mewakili massa (mass), panjang (length) dan waktu (time). Ada dua macam dimensi yaitu Dimensi Primer dan Dimensi Sekunder. Dimensi Primer meliputi M (untuk satuan massa), L (untuk satuan panjang) dan T (untuk satuan waktu). Dimensi Sekunder adalah dimensi dari semua Besaran Turunan yang dinyatakan dalam Dimensi Primer. Contoh : Dimensi Gaya : M L T-2 atau dimensi Percepatan : L T-2.

Catatan :





Semua besaran fisis dalam mekanika dapat dinyatakan dengan tiga besaran pokok (Dimensi Primer) yaitu panjang, massa dan waktu. Sebagaimana terdapat Satuan Besaran Turunan yang diturunkan dari Satuan Besaran Pokok, demikian juga terdapat Dimensi Primer dan Dimensi Sekunder yang diturunkan dari Dimensi Primer.

Manfaat Dimensi dalam Fisika antara lain : (1) dapat digunakan untuk membuktikan dua besaran sama atau tidak. Dua besaran sama jika keduanya memiliki dimensi yang sama atau keduanya termasuk besaran vektor atau skalar, (2) dapat digunakan untuk menentukan persamaan yang pasti salah atau mungkin benar, (3) dapat digunakan untuk menurunkan persamaan suatu besaran fisis jika kesebandingan besaran fisis tersebut dengan besaran-besaran fisis lainnya diketahui.

Satuan dan dimensi suatu variabel fisika adalah dua hal berbeda. Satuan besaran fisis didefinisikan dengan perjanjian, berhubungan dengan standar tertentu (contohnya, besaran panjang dapat memiliki satuan meter, kaki, inci, mil, atau mikrometer), namun dimensi besaran panjang hanya satu, yaitu L. Dua satuan yang berbeda dapat dikonversikan satu sama lain (contohnya: 1 m = 39,37 in; angka 39,37 ini disebut sebagai faktor konversi), sementara tidak ada faktor konversi antarlambang dimensi.
READ MORE - DIMENSI

BESARAN FISIKA

Besaran adalah segala pengertian yang kepadanya dapat dikenai ukuran, misalnya panjang , waktu, massa, gaya, torsi. Dengan kata lain besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan
angka, misalnya panjang, massa, waktu, luas, berat, volume, kecepatan, dll. Warna, indah, cantik, bukan merupakan besaran karena tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Dari pengertian di atas dapat di artikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan besaran jika dan hanya jika memenuhi 3 syarat, yaitu:

1. dapat di ukur atau dihitung
2. dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
3. mempunyai satuan

Besaran di fisika dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

1. besaran pokok
2. besaran turunan

BESARAN POKOK

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Dapat juga diartikan sebagai besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu :



BESARAN TURUNAN

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari 2 besaran pokok atau lebih atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Jumlah dari turunan ini takhingga sebab setiap susunan besaran dasar memberikan besaran turunan baru. Contoh besaran turunan adalah Berat, Luas, Volume, Kecepatan, Percepatan, Massa Jenis, Berat jenis, Gaya, Usaha, Daya, Tekanan, Energi Kinetik, Energi Potensial, Momentum, Impuls, Momen inersia, dll. Dalam fisika, selain tujuh besaran pokok yang disebutkan di atas, lainnya merupakan besaran turunan. Besaran Turunan selengkapnya akan dipelajari pada masing-masing pokok bahasan dalam pelajaran fisika.



READ MORE - BESARAN FISIKA
 

ayo ngeblog

snap shout

Get Free Shots from Snap.com

Masukkan Code ini K1-D7BF77-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com